Camat dan Kades Harapkan Laporkan Keadaan Masyarakat di Daerahnya

, – Bagi Camat dan Kades diharapkan untuk dapat melaporkan semua keadaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat atau daerahnya. Namun bila tidak dilaporkan, maka mana mungkin Pemerintah Kabupaten akan tahu apa yang terjadi di masyarakat.

Ketua Komisi III Hermanes mengatakan, berharap agar semua Kepala Desa (Kades) untuk selalu berada di desanya, sehingga apabila terjadi masalah yang terjadi tengah-tengah masyarakat desa semuanya bisa diselesaikan.

“Dengan kades berada di desanya, maka akan segera tahu akar masalah yang terjadi dan juga akan mudah untuk menyelesaikannya, dan tidak sampai meluas permasalahannya,” katanya, Jum’at (30/8/2024).

Dijelaskan Oleh karena itu kades harus banyak berada di desa, sehingga kades tahu keadaan masyarakatnya, dan kades juga wajib tahu keadaan desanya.

“Dengan kades selalu berada di desa, maka akan tahu kondisi masyarakatnya, bahkan apabila ada warga yang kurang gizi kades juga harus tahu, karena itu merupakan tanggungjawabnya,” jelasnya.

Perlu diketahui, tambah anggota Legislatif itu, bahwa sering kali terjadi konflik antar suku, agama dan kelompok, karena itu diharapkan kades bisa mendeteksi gejala-gejala terjadi konflik tersebut.

“Paling tidak keberagaman agama, suku maupun kelompok menjadi potensi , bukan kerawanan yang bisa malah menghancurkan bangsa dan negara bahkan daerah yang tercinta ini,” pungkasnya. (lam)