Kartu Prakerja Harus Tepat Sasaran

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), H. Zainal Khairuddin

, BUNTOK – Ketua Komisi III Kabupaten () H. Zainal Khairuddin, mengingatkan agar penyaluran kartu dan bantuan bagi masyarakat, serta usaha mikro, kecil dan menengah () oleh pemerintah daerah setempat, harus tepat sasaran.

“Saya mengimbau kepada dinas terkait untuk penyaluran kartu prakerja harus tepat sasaran kepada orang yang memerlukan,” kata Zainal, belum lama ini.

Ia menerangkan, kartu prakerja serta bantuan berupa stimulan untuk modal UMKM, bantuan langsung tunai () ataupun dalam bentuk sembako bagi masyarakat terdampak, sangat diperlukan dan penyalurannya harus tepat sasaran.

“Dengan diterapkannya kebijakan social distancing dan physical distancing oleh pemerintah, berdampak pada melemahnya ekonomi masyarakat,” terangnya.

Oleh karena itu, pihak yang menjadi paling terdampak akibat kebijakan tersebut, adalah dunia usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Para pekerja harian, serta masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Mereka inilah yang sangat perlu mendapatkan bantuan, agar tetap bisa bertahan di tengah adanya pandemi -19 ini,” harapnya.

Ia menambahkan, agar tidak terjadi kesalahan sasaran penyaluran. Hendaknya pendataan hingga penyerahan kartu prakerja dan bantuan nantinya, dilakukan pengawasan dari berbagai pihak.

“Pasalnya, pihak yang membutuhkan bantuan baik itu kartu prakerja ataupun bantuan lainnya, bukan hanya warga di perkotaan saja, melainkan juga hingga ke pelosok-pelosok pedesaan,” pungkasnya. (lam)