Bawaslu Barsel Lakukan Pengawasan Coklit Data Pemilih

WhatsApp Image 2023 02 24 at 10.46.48 PM

, – Badan Pengawas Pemilihan Umum () Kabupaten () menginstruksikan seluruh jajarannya hingga Panitia Pengawas (Panwaslu) Kelurahan dan Desa (PKD) untuk melakukan pengawasan melekat terhadap Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Hal ini untuk menjaga hak pilih dari masyarakat pada saat pencoblosan di Pemilu serentak 14 Februari tahun mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Nur Chambyah melalui Divisi , Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Suwono ada beberapa catatan kerawanan pelanggaran bahwa Pantarlih pernah juga akan melimpahkan pekerjaannya kepada orang lain.

“Bahkan ada petugas Pantarlih, yang tidak turun langsung ke lapangan tentunya hal ini tidak sesuai dengan aturan,” ucapnya, Jum’at (24/2/2023).

Pelaksanaan coklit sudah dimulai sejak tanggal 12 Februari 2023 hingga 14 Maret 2023 dan pada saat tahapan perbaikan petugas Pantarlih juga masih melaksanakan tugasnya.

“Selama mereka petugas Pantarlih melaksanakan tugasnya, selama itu juga Bawaslu Barsel tetap mengawasi tahapan coklit tersebut hingga benar-benar selesai,” jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga telah mengimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat agar mereka juga mengimbau kembali kepada seluruh jajarannya hingga tingkat Pantarlih.

Agar bekerja sesuai dengan, aturan dan kaidah jangan sampai terjadi pelanggaran. Sebab coklit ini, juga sangat rawan akan disengketakan pada saatnya nanti ada laporan-laporan.

Begitu pula kepada seluruh jajaran Bawaslu Barsel, baik tingkat PKD akan selalu berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Pantarlih di tingkat desa.

“Agar bisa memaksimalkan, hasil pengawasan mereka di tingkat desa,” pungkasnya. (lam)