Pemerintah dan Perusahaan Bersinergi Tingkatkan Keterampilan UMKM

Whatsapp Image 2023 12 15 At 9.15.59 Am

, TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten () menggandeng pihak ketika menggelar pelatihan menganyam dalam rangka pengembangan usaha dan keterampilan pelaku UMKM pengrajin anyaman . Sebanyak 30 peserta pelaku usaha mengikuti kegiatan yang digagas guna meningkatkan keterampilan, Senin (21/11/2023).

Asisten III Setda Kabupaten Bartim, Edius Uhing menyampaikan, pelatihan itu merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam menjalankan program CSR. Pihak pemerintah daerah memfasilitasi dengan harapan bisa mendorong upaya pemberdayaan masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk mewujudkan struktur yang kokoh.

“Pemerintah daerah juga mengharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi, meningkatkan kompetensi, produktivitas dan berdaya saing, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar pada pengembangan ekonomi UMKM yang dikelola badan usaha atau perorangan,” ujar Edius Uhing membuka secara resmi pelatihan.

Dia menambahkan, UMKM memiliki peranan besar dalam perekonomian antara lain, perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Tetapi, sambungnya, karena yang tidak menentu sehingga menjadi tantangan UMKM.

“UMKM dituntut selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar,” sebut Edius Uhing.

Menurutnya, kegiatan yang diselenggarakan bisa dimanfaatkan para peserta untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta keterampilan. Sehingga mampu menjadi pelaku usaha yang tangguh dan mandiri.(yus)