Bartim Terima 9 Sertifikat KIK dari Kemenkumham

912ea245 f9fd 4217 ae73 4b1f9bfd7249

, – Pemerintah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah secara resmi menerima sembilan sertifikat kekayaan intelektual komunal (KIK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yang diserahkan langsung oleh Kakanwilkumham Provinsi Kalimantan Tengah, Ilham kepada Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang Senin (18/4/2022).

Adapun sembilan sertifikat kekayaan intelektual komunal Kabupaten Barito Timur yang diserahkan tersebut adalah Budaya Ijame, Muau, Tumet Leut, Tanuhui, Lewu Hante Taniran, Wadian Pangraun Jatuh, Wadian Dadas Upu, Gunung Perak dan Papaluan.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dalam sambutannya pada acara penyerahan sertifikat KIK dan acara Promosi dan Diseminasi KIK dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Tengah, (Kemenkumham ) di Pendopo Kantor Bupati Barito Timur, Senin (18/4/2022) menyambut baik kegiatan ini sebab memalui kegiatan ini pihaknya akan dapat melindungi adat istiadat, keragaman budaya, sumber daya genetik dan lain-lainnya.

Ia mengatakan kegiatan ini juga sebagai upaya daerah memperjuangkan kemutlakan kepemilikannya.

“Perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual komunal (KIK) ini, sangat perlu dan harus ditegakkan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga selain menerima sembilan sertifikat KIK, Bupati barito Timur Ampera AY Mebas juga menyerahkan lima belas berkas pendaftaran KIK kepada Kakanwilkumham Provinsi Kalimantan Tengah.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Tengah, Ilham Djaya mendorong pemerintah setempat untuk segera mendata dan menginventarisir serta mendaftarkan kekayaan intelektual komunal daerah sehingga dapat di-sahkan dengan begitu tidak bisa di-klaim oleh orang lain.

Acara Promosi dan Diseminasi KIK dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Tengah, yang diselenggarakan di Pendopo Kantor Bupati Barito Timur ini selain dihadiri AY Mebas, juga hadir Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Ketua Nursulistio, Barito Timur Daniel Pananangan, Ketua , Wakapolres, Perwira penghubung, Sekda Moetar, dan para kepala OPD, Camat, Demang, Mantir serta para tenaga pendidik. Acara berjalan dengan lancar. (yus)