Disdagkop dan UKM Berkomitmen Awasi Distribusi Minyak Goreng

1814
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdakop) Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Berson

BALANGANEWS, TAMIANG LAYANG – Kepala , Koperasi dan UKM (Disdakop) Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Berson menegaskan pihaknya siap melakukan pengawasan distribusi , terlebih lagi menjelang bulan Ramadhan yang diprediksi di akhir Maret 2023.

“Kita siapkan skema pengawasannya sebelum turun ke lapangan dalam rangka pengawasan distribusi minyak goreng,” kata KadisdagKop dan UKM Barito Timur, Berson di Tamiang Layang, Kamis, (16/2/2023).

Ia mengatakan, sesuai arahan dari Kementerian Perdagangan agar tidak terjadi kelangkaan saat Ramadhan 1444 H nanti maupun terjadinya kelangkaan minyak goreng atau terjadinya peningkatan harga yang tajam terhadap goreng.

Ditambahkan dia, pengawasan tidak hanya dilakukan pada minyak goreng saja tapi juga beberapa kebutuhan pangan lainnya seperti beras, , dan kebutuhan pokok lainnya.

Dirinya juga mengakui telah beberapa kali mengikuti rapat kerja dengan (Mendag) serta DInas Perdagangan Provinsi yang dilengkapi dengan arahan serta panduan dalam pengawasan minyak goreng.

Dari kondisi saat ini, Kabupaten Barito Timur memiliki dua pusat perbelanjaan yang cukup besar yakni Pasar Temanggung Djayakarti di Kelurahan Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur dan Pasar Beringin di Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah.

Pemantauan minyak goreng akan dilakukan pada dua pasar tersebut, berikut dengan distributor lokal. Pemantauan sebelumnya dilakukan seminggu sekali sesuai kebutuhan, saat ini mulai diintensifkan.

“Dalam pengawasan nanti kita juga akan menggandeng mitra kerja seperti TNI dan ,” kata Berson.

Ditambahkan Berson, pihak masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dalam hal pengawasan, jika mengetahui adanya penyalahgunaan distribusi masyarakat diharapkan bisa melaporkannya ke Disdagkop dan UKM Barito Timur. (yus)