Pj Bupati Barut Tinjau Banjir Bersama KemenPUPR dan BWS Kalimantan

, – Pj Bupati Barito Utara (), Muhlis tinjau tim Penanganan Banjir kementerian PUPR dan Balai Wilayah Sungai Kalimantan III di beberapa titik banjir di Barito Utara, Minggu (21/1/2024).

Tim Penanganan Bencana Banjir kementerian PUPR dan Balai Wilayah Sungai Kalimantan III ini dipimpin oleh I Putu Edy Purna Wijaya, yang turun langsung bersama rombongan.

Pj Bupati Muhlis menyampaikan terimakasih kepada jajaran perwakilan Kementrian PUPR dan Balai wilayah Sungai Kalimantan III yang telah meluangkan waktu melakukan kunjungan kerja ke wilayah Barito Utara.

“Hari ini kita hadir di sini mengunjungi warga yg terkena dampak banjir semuanya hadir disini dalam rangka yang pertama men-support masyarakat kita yang terkena musibah banjir ini,” ucapnya.

Sementara itu, I Putu Edy Purna Wijaya yang juga kepala menyampaikan, bahwa tim hidrologi yang turun melakukan survei dan perhitungan yang dibutuhkan untuk mengetahui berapa debit yang terjadi pada banjir kali ini.

“Info yg kami terima sblmnya banjir seperti ini terjadi pd thn 2005 itu yg pertama kami pelajari, yang ke dua dari data itu kita dengan teman-teman di dinas sudah menyusun suatu rencana-rencana pendek maupun rencana panjang,” katanya.

Ia menambahkan, rencana pendek terkait dengan kejadian banjir di Barut, pihaknya akan melakukan langkah-langkah baik itu dari jangka pendek hingga jangka panjang seperti melakukan navigasi fungsi agar banjir tidak terjadi kedepannya.

“Nanti kira-kira tanggap daruratnya setelah air surut seperti apa kemudian untuk menengah dan panjangnya untuk menavigasi fungsi ini mencegah terulang kembali atau mengurangi dampak-dampaknya itu juga akan kita programkan, mengingat bahwa apa yang terjadi di sungai ini adalah cerminan dari kita,” tutupnya. (asp)