Legislator Ajak Warga Barut Bergotong Royong Merawat Anugerah Pancasila

Ketua DPRD kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini

, – Ketua DPRD kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini mengajak seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan kita dihadapi Bangsa Indonesia khususnya di daerah kita akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas , sosial, dan politik,” kata Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Minggu (2/6/2024).

Dirinya juga mengajak seluruh komponen bangsa khususnya di Kabupaten Barito Utara untuk mengarusutamakan Pancasila dengan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama bangsa.

“Saat perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan komunikasi yang begitu menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” kata dia.

Menurut Ketua Dewan, pesatnya informasi saat ini ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (Smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dikatakan Mery Rukaini juga, kita patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Melalui peringatan 1 Juni, kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkasnya. (ads)