Latih Pelajar SMPN Satap 1 Manuhing Olah Produk Makanan Tradisional

435
Pelajar SMPN Satap 1 Manuhing ketika praktek membuat produk olahan makanan tradisional, belum lama ini

, – Para guru di melakukan inovasi dalam kepada para pelajar di sekolah tersebut. Mereka mengajarkan para pelajar untuk membuat produk olahan makanan tradisional secara mandiri di sekolah itu.

”Kami mengajarkan para pelajar untuk mengolah produk makanan tradisional, seperti wadi patin, keripik pisang, keripik singkong, dan tapai,” kata Kepala SMPN Satap 1 Manuhing Suriyanie, Selasa (13/6/2023).

Selain diajarkan, pembuatan produk olahan makanan tradisional itu mendapatkan pendampingan dari para guru. Ini merupakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan.

”Kebetulan saya merupakan praktisi pembuatan wadi patin, sehingga saya yang mengajarkan, yang didampingi koordinator P5 Bapak Bhisma,” terangnya.

Setelah dibuat, hasil dari produk olahan makanan tradisional ini dipasarkan dalam pelaksanaan karya dan bazar produk olahan makanan tradisional SMPN Satap 1 Manuhing.

”Untuk menarik minat para pembeli, kami mengemas produk olahan makanan tradisional itu secara modern sebelum dijual/dipasarkan,” tuturnya.

Dia mengatakan, P5 merupakan lintas mata pelajaran IPS dan PKn dengan tema kewirausahaan. Tema itu dipilih agar memperkuat karakter pelajar dalam hal kewirausahaan, yang meliputi sikap gotong royong, kreatif, dan mandiri.

”Pelaksanaan P5 ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan karakter pelajar yang mampu berperilaku sesuai pada nilai-nilai Pancasila, yakni beriman dan bertakwa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. (ahs)