Pemkab Gumas Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih kepada Masyarakat

121
Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, menyerahkan bendera merah putih pada pencanangan gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2023, Selasa (27/6/2023)

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan kegiatan pencanangan gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2023.

Gerakan ini dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI ke-78, mengingat kembali perjuangan, momen memupuk rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme.

”Saya ingin gerakan ini tidak hanya sekadar seremonial. Tetapi sebagai pengingat perjuangan, momentum memupuk rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme, serta menjaga suasana tetap sejuk dan damai, toleran dan saling menghormati,” kata Bupati Gumas, Jaya S Monong, Selasa (27/6/2023).

ADE S

Dia menuturkan, nasionalisme dan patriotisme sangat penting karena merupakan modal bangsa untuk . Ini tercermin dalam sikap dan tindakan yang berkarakter persaudaraan, toleransi, persatuan dan gotong royong. Di samping itu dapat membentengi diri dari ancaman ideologi seperti dan .

”Bendera merah putih ini dibagikan secara gratis kepada Camat, Lurah, dan Kades untuk disalurkan kepada warganya. Bendera mulai dipasang sejak 1-31 Agustus 2023 di halaman rumah, sekolah dan fasilitas umum lain,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Gumas, Sugiarto, mengakui pencanangan gerakan pembagian bendera merah putih tersebut bertujuan untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme, patriotisme, serta menjaga suasana tetap sejuk dan damai menghadapi tahun .

”Pencanangan gerakan ini diikuti seluruh kepala perangkat daerah, Camat, Lurah, Kades, tokoh adat, dan tokoh masyarakat,” terangnya.

Dia menambahkan, tercatat sebanyak 1.600 bendera merah putih yang dibagikan. Rinciannya, 1.000 bendera dari pengadaan DPA Badan Kesbangpol, dan 600 bendera yang terkumpul dari delapan perangkat daerah di .

”Sekarang ini, sebagian sudah disalurkan langsung ke masyarakat pada ketika pembukaan pawai Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) tahun 2023,” tandasnya. (ahs)