Polres & Warga Bersihkan Sampah di Pasar-Bantaran Sungai Kahayan

WhatsApp Image 2023 07 13 at 2.15.54 PM
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra bersama para pejabat utama personel Polres saat membersihkan sampah di kawasan pasar baru dan bantaran Sungai Kahayan, Kamis (13/7/2023)

BALANGANEWS, – Personel Polres bersama petugas kebersihan dari Dinas Hidup, Kehutanan, dan Perhubungan, komunitas peduli lingkungan, serta masyarakat melakukan aksi gotong royong dengan membersihkan .

”Aksi membersihkan sampah ini dilakukan di kawasan Pasar Baru Kuala Kurun dan bantaran . Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian untuk menciptakan lingkungan yang bersih,” ujar Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Kamis (13/7/2023).

 

Dia mengatakan, aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampah serentak bersama Polri ini merupakan tindak lanjut dari Surat Kapolri Nomor : ST/1519/VII/REN.2./2023, dengan tema membersihkan sampah serentak bersama Polri.

”Membersihkan sampah ini menjadi bentuk sinergitas Polri bersama masyarakat, sehingga kawasan pasar terlihat bersih dan tidak kumuh akibat sampah. Selain itu, pembersihan bantaran sungai untuk menjaga luapan air sungai,” terangnya.

Dia menuturkan, aksi gotong royong membersihkan sampah ini sebagai dukungan Polri dalam membentuk karakter masyarakat peduli lingkungan dan juga sebagai bentuk bahwa Polri selalu hadir di tengah masyarakat dalam segala hal, termasuk lingkungan yang bersih dan sehat.

”Dengan aksi ini, bisa mengedukasi serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, terkait pentingnya menjaga kebersihan dan hidup di lingkungan yang sehat,” tuturnya.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama fasilitas umum. dan kesadaran lingkungan menjadi faktor penting dalam menjaga kebersihan alam.

”Dengan semangat yang tinggi dan kerjasama antar polres dan masyarakat, maka diharapkan kebersihan lingkungan di kawasan pasar dan bantaran Sungai Kahayan terus terjaga,” pungkasnya. (ahs)