Truk PBS Terperosok, Jalan Kurun-Palangka Macet

WhatsApp Image 2023 07 28 at 1.30.25 PM
Ratusan kendaraan truk angkutan PBS terjebak macet di ruas Jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, tepatnya di Desa Pematang Limau, Kecamatan Sepang, Jumat (28/7/2023)

, – Kemacetan panjang kendaraan roda empat, khususnya truk angkutan PBS terjadi di ruas Jalan Kuala Kurun-, tepatnya di , Kecamatan Sepang, Kabupaten Gumas. Ini diperparah dengan kondisi jalan rusak cukup parah dan berdebu.

“Kemacetan sepanjang lima kilometer ini terjadi karena ada truk angkutan produksi PBS terperosok saat menanjak dan menutupi badan jalan, sehingga truk yang berada di belakang tidak bisa lewat,” ujar Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, melalui Kapolsek Sepang Ipda Neno Effendo, Jumat (28/7/2023).

ADE S

Untuk mengurai kemacetan itu, personel dan Gumas berupaya melakukan pengaturan arus dengan sistem buka tutup jalur, di ruas jalan yang menjadi pusat kemacetan.

“Untuk sementara kendaraan truk bermuatan berat tidak bisa lewat. Sedangkan kendaraan lainnya, terpaksa harus bersabar dan menunggu selama beberapa jam, karena kami melakukan rekayasa arus lalu lintas,” tuturnya.

Selain melakukan pengaturan arus lalu lintas, personel bersama warga sekitar juga berusaha memperbaiki kerusakan jalan yang menjadi salah satu penyebab kemacetan. Ini dilakukan untuk membantu dan mempermudah pengendara yang melewati jalan tersebut.

“Demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan, kami juga membantu memperbaiki jalan yang rusak, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap pengguna jalan,” katanya.

Dia juga mengimbau kepada warga sekitar dan pengguna jalan yang melintas di ruas jalan ini, agar lebih berhati-hati dan waspada. Mengingat kondisi jalan tanjakan yang terjal dan tidak ada penerangan lampu, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. (ahs)