PMI Gumas Lakukan Penyuluhan Kesehatan Gizi dan Mulut

WhatsApp Image 2023 08 18 at 12.57.10 PM
Wakil Bupati yang juga selaku Ketua PMI Gumas Efrensia LP Umbing ketika membagikan ratusan paket sikat gigi kepada murid SDN 3 Kuala Kurun, Rabu (16/8/2023)

, – Palang Merah Indonesia () Kabupaten bekerjasama dengan SDN 3 Kuala Kurun melaksanakan pelayanan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dengan penyuluhan dan , pembagian paket sikat , serta peragaan menyikat gigi yang baik dan benar.

“Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk murid SD, sebagai bekal tumbuh kembang anak secara optimal,” ujar Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing, Jumat (18/8/2023).

Dia mengatakan, penyuluhan dari PMI melibatkan dokter spesialis, yang memberikan edukasi kepada murid mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut sejak dini, maupun mengajarkan cara menyikat gigi dengan baik dan benar.

“Kami juga melakukan sosialisasi yang berkaitan dengan kepalangmerahan. Dari kegiatan tersebut diharapkan murid dapat mengetahui berbagai hal tentang palang merah,” jelasnya.

Di samping itu, PMI juga membagikan 220 paket sikat gigi kepada para murid kelas 1, 2, dan 3, serta memberikan makanan tambahan, seperti susu, roti, dan makanan ringan sebanyak 450 paket kepada seluruh murid SDN 3 Kuala Kurun.

Terpisah, Kepala SDN 3 Kuala Kurun Belie berterima kasih kepada PMI yang telah melakukan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut serta sosialisasi terkait kepalangmerahan, karena banyak informasi penting yang didapatkan oleh para murid maupun guru.

“Secara keseluruhan, jumlah peserta didik di SDN 3 Kurun 430 orang lebih. Namun yang difokuskan mengikuti penyuluhan adalah murid kelas 1, 2, dan 3, karena mereka dinilai belum memahami cara menyikat gigi yang baik dan benar,” pungkasnya. (ahs)