Polres Gumas Antisipasi Potensi Kerawanan Pemilu

WhatsApp Image 2023 09 15 at 4.12.12 PM
Suasana simulasi pengamanan TPS pemilu tahun 2024, yang digelar polres setempat, Jumat (15/9/2023)

, – Kepolisian Resor () melakukan simulasi pengamanan TPS pada tahun 2024. Dalam simulasi tersebut, ada beberapa adegan diperagakan yang mengarah pada potensi ancaman gangguan kamtibmas.

“Simulasi bertujuan untuk mengantisipasi potensi kerawanan dalam pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024, baik itu maupun pilpres,” ujar Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Jumat (15/9/2023).

Pelaksanaan simulasi itu juga untuk melihat dan memastikan sejauh mana kesiapan personel proses pemungutan hingga penghitungan suara pemilu, serta kesiapan saat menghadapi situasi yang tidak kondusif.

“Simulasi yang kami lakukan menggambarkan langkah atau tindakan aparat kepolisian, ketika terjadi konflik terkait pelaksanaan pemilu,” tegasnya.

Melalui simulasi ini, personel yang terlibat dalam pengamanan pada TPS akan memahami tugas dan tindakan apa yang dilakukan. Jika terjadi potensi gangguan kamtibmas, diharapkan personel sudah mampu mengatasinya.

“Kami ingin personel yang melakukan pengamanan TPS, memberikan rasa aman saat pencoblosan, serta meyakinkan masyarakat bahwa akan berlangsung aman, damai, sejuk, dan sehat,” terangnya.

Dia menambahkan,  mempunyai tanggung jawab besar dalam mengamankan pemilu aman dan damai. Untuk itu, diimbau kepada semua pihak agar membantu menciptakan situasi kondusif serta menghindari konflik yang membelah persatuan dan kesatuan.

“Ketika pemilu nanti, kami akan mengerahkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan mulai di tingkat TPS,” tukasnya. (ahs)