Bawaslu & Polres Perkuat Sinergi dalam Pengawasan Pemilu dan Pilkada

Whatsapp Image 2023 09 22 At 4.02.10 Pm
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Wakapolres Kompol Tri Wibowo, dan pejabat utama Polres, berfoto bersama dengan Ketua Bawaslu Yepta H Jinal serta dua anggota Bawaslu, Jumat (22/9/2023)

, – Ketua Kabupaten Yepta H Jinal bersama dua anggota Bawaslu lain, yakni Sukjani dan Agus Praptomo Cahyo melakukan silaturahmi dengan berkunjung ke setempat.

Kedatangannya disambut oleh Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra, didampingi Wakapolres Kompol Wibowo, Kabag Ops Kompol Budiono, Kasat Reskrim AKP Jhon Digul Manra dan Kasat Intelkam Iptu Jadiman.

“Kedatangan kami itu untuk menjalin silaturahmi yang bertujuan membangun komunikasi, koordinasi dan sinergitas antar Bawaslu dengan polres, dalam rangka pelaksanaan tupoksi masing-masing,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Gumas, Yepta H Jinal, Jumat (22/9/2023).

Dia mengatakan, dalam menjalankan tugas pengawasan setiap tahapan pemilu dan tahun 2024, Bawaslu memerlukan dukungan dari berbagai pihak, terutama kepolisian yang bertugas melakukan pengamanan.

“Intinya, kunjungan kami untuk membangun sinergi bersama kepolisian, yang bertugas melakukan pengamanan terhadap berbagai tahapan pemilu dan pilkada,” katanya.

Di samping itu, kunjungan tersebut juga sebagai persiapan pembentukan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), yang nanti akan memproses laporan atau temuan terhadap pelanggaran pemilu maupun pilkada tahun 2024.

Terpisah, Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra mengakui, pertemuan ini dalam rangka menjalin komunikasi dan koordinasi pembentukan Gakkumdu, menjelang pemilu dan pilkada tahun 2024.

“Kami siap bekerjasama dengan Bawaslu di dalam Gakkumdu untuk memberikan pendampingan, pengawalan, dan penegakan hukum terhadap pelanggaran serta tindak pidana yang terjadi pada tahapan pemilu dan pilkada,” terangnya.

Dia menambahkan, juga siap mengawal dan mengamankan seluruh tahapan pemilu maupun pilkada pada tahun 2024, untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Gumas. (ahs)