Angka Stunting Turun, Bupati Gumas Terima Penghargaan dari Wapres

Whatsapp Image 2023 10 10 At 4.54.21 Pm
Bupati Gumas Jaya S Monong saat berfoto didepan Istana Wakil Presiden RI, disela kegiatan Rakornas percepatan penurunan stunting, Jumat (6/10/2023)

, KUALA KURUN – Kabupaten meraih penghargaan dari Wakil terkait penanganan . Penghargaan tersebut diterima Bupati Gumas Jaya S Monong saat menghadiri Rakornas percepatan penurunan stunting di Istana Wakil Presiden, pekan lalu.

”Kita mendapat penghargaan dari Wakil Presiden RI karena menjadi yang terbaik untuk Provinsi dalam upaya percepatan penurunan stunting. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung,” ujar Jaya, Selasa (10/10/2023).

Dalam acara itu, juga dilakukan penyerahan secara simbolis pemberian insentif fiskal kinerja tahun berjalan untuk kategori penurunan stunting tahun 2023, dan pemberian penghargaan kepada mitra pemerintah yang berkontribusi dalam percepatan penurunan stunting.

”Kegiatan Rakornas ini untuk konsolidasi dan koordinasi sebagai upaya mencapai target percepatan penurunan stunting,” jelasnya.

Berdasarkan hasil SSGI pada tahun 2022, stunting di Kabupaten Gumas berada di angka 17,9 persen atau urutan nomor satu terendah dari 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalteng. Angka tersebut turun drastis dibandingkan tahun 2021 yaitu 35,9 persen.

”Selama tahun 2022, angka stunting berhasil turun 18 persen. Tahun 2023, kami targetkan angka stunting dapat mencapai nol persen. Untuk mencapainya, perlu kerjasama dan sinergitas dari semua pihak terkait,” terangnya.

Dia berharap seluruh perangkat daerah, lintas sektor terkait, dan masyarakat agar menjadikan stunting sebagai masalah bersama yang membutuhkan penanganan seluruh tingkat, sehingga bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, produktivitas masyarakat, dan menurunkan beban pembiayaan layanan kesehatan.

”Kami juga berharap dukungan dari seluruh untuk penanganan penurunan angka stunting, khususnya dalam hal pendanaan. Apabila pemerintah kekurangan , bisa didukung dengan penyaluran CSR,” tandasnya. (ahs)