Anggarkan Dana Hibah Rp38 Miliar untuk Pilkada di Gunung Mas

Whatsapp Image 2023 10 13 At 2.56.27 Pm
Bupati Gumas Jaya S Monong yang diwakili Asisten I Setda Lurand, didampingi Ketua Tim Monitoring Desk Pemilu dan Pilkada Wilayah Kabupaten Gumas dan Katingan Suhaemi berfoto bersama dengan pihak KPU, Bawaslu, dan kepala perangkat daerah terkait, usai pertemuan monitoring persiapan pemilu dan pilkada tahun 2024, di ruang rapat lantai 1 kantor bupati, Jumat (13/10/2023)

BALANGANEWS, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas bersama Tim Desk Pemilu dan Provinsi melakukan pertemuan.

Ini dilakukan dalam rangka monitoring dan pilkada pada tahun 2024 di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Sebagai bentuk persiapan pilkada tahun 2024, kami sudah menganggarkan hibah Rp38 miliar ke KPU dan setempat,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, melalui Asisten I Setda Lurand, Jumat (13/10/2023).

Pada dasarnya, Pemkab Gumas sudah siap dalam hal penganggaran dana hibah untuk pemilu maupun pilkada. Bahkan dana hibah yang untuk KPU sudah ditransfer. Sedangkan untuk Bawaslu masih dalam proses.

Sementara itu, Ketua Tim Monitoring Desk Pemilu dan Pilkada Kabupaten Gumas dan Suhaemi mengakui, pertemuan tersebut untuk melihat persiapan dan berbagai langkah Pemkab dalam menyukseskan pemilu dan pilkada serentak 2024.

“Salah satunya kesiapan yang dilihat adalah dari sisi . Gumas merupakan kabupaten yang sudah melakukan penganggaran dana hibah kepada KPU dan Bawaslu. Beberapa kabupaten malah ada yang masih kebingungan dalam hal penganggaran,” sesalnya.

Dalam pertemuan ini, juga dibahas berbagai potensi kerawanan yang mungkin muncul dalam tahapan pelaksanaan pemilu dan pilkada tahun 2024 di Kabupaten Gumas, seperti letak geografis dan ketersediaan jaringan internet.

“Nantinya berbagai potensi permasalahan itu akan dibahas lebih lanjut pada tingkat provinsi, sehingga dapat ditemukan solusi terbaik,” tukasnya. (ahs)