Pemkab Gumas Terima Dana Insentif Fiskal Rp 5,9 Miliar

Whatsapp Image 2023 10 25 At 12.02.19 Pm
Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Ketua TP-PKK Mimie Mariatie Jaya S Monong

, KUALA KURUN – Pemkab mendapatkan insentif fiskal dari pemerintah pusat pada tahun 2023. Dana tersebut diberikan karena dinilai memiliki kinerja yang baik dalam upaya penurunan di Kabupaten Gumas.

Pemberian dana itu berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 350 Tahun 2023 tentang Rincian Alokasi Insentif Fiskal Kinerja Tahun Berjalan Kategori Peningkatan Kategori Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Tahun Anggaran 2023 menurut provinsi/kabupaten/kota.

“Dana insentif fiskal yang diterima Pemkab dari pemerintah pusat sekitar Rp5,9 miliar. Dana itu akan kembali digunakan untuk percepatan penurunan angka stunting,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, Rabu (25/10/2023).

Berdasarkan hasil SSGI tahun 2021, angka stunting di Kabupaten Gumas sebesar 35,9 persen. Di tahun 2022, angka stunting turun signifikan menjadi 17,9 persen. Artinya terjadi penurunan 18 persen. Itu merupakan terendah dibandingkan kabupaten/kota se Provinsi Kalteng.

“Atas dasar itu, Pemkab Gumas diberikan dana insentif fiskal yang bersumber dari APBN,” tuturnya.

Pada tahun 2024 mendatang, Pemkab Gumas akan berupaya agar stunting berada dibawah 14 persen, sesuai target nasional. Untuk mencapai target itu, perlu kerja keras dan dukungan dari seluruh pihak, termasuk masyarakat maupun .

“Seluruh lintas sektor harus menjadikan stunting sebagai masalah bersama yang perlu penanganan di seluruh tingkat, sehingga dapat meningkatkan derajat masyarakat yang optimal. Saya optimis itu bisa tercapai asalkan kita bersinergi dan bekerjasama,” terangnya.

Dia mengakui, upaya intervensi penurunan stunting dilakukan bersama-sama antara penanggung jawab dengan sektor/lembaga non pemerintah dan masyarakat. Harus ada komitmen mendukung program aksi percepatan penurunan stunting, yang menjadi pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik.

“Kami berterima kasih seluruh pihak yang sudah bekerja keras dalam percepatan penurunan stunting. Kedepan, diharapkan dukungan dan kerja sama lintas sektor, serta komitmen dalam mendukung program aksi percepatan penurunan stunting,” tukasnya. (ahs)