Salurkan Bantuan Puluhan Ribu Benih Ikan

Whatsapp Image 2023 10 31 At 2.19.12 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Untung J Bangas (dua dari kanan) bersama pihak terkait lain, saat menebar puluhan ribu benih ikan papuyu di DAM Sekata Tewah, Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah, belum lama ini

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Anggota Kabupaten Gumas, Untung J Bangas menyalurkan dan menebarkan 60 ribu benih ikan di sejumlah tempat. Benih ikan itu merupakan bantuan yang berasal aspirasinya pada tahun 2023.

”Ada 30 ribu ekor benih ikan papuyu ditebarkan di DAM Sekata Tewah, Kelurahan Tewah. Kemudian, 30 ribu ekor benih ikan baung yang ditebarkan di Danau Osu Kelurahan Tumbang Napoi, serta di Desa Tumbang Maraya,” ujar Untung, Selasa (31/10/2023).

Dia mengatakan, bantuan benih ikan yang disalurkan merupakan bagian program restocking atau upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebar diperairan umum, yang melekat di dinas dan setempat.

”Bantuan benih ikan yang disalurkan tersebut sebagai salah satu upaya menjawab kebutuhan masyarakat dalam konsumsi ikan,” katanya.

Dia menuturkan, penyebaran benih ikan ini salah satu bentuk dukungan terhadap konsep smart agro, dimana tidak hanya menitik beratkan tanaman jagung hibrida, tapi juga dalam arti luas, seperti tanaman pertanian dan hortikultura, , perikanan, perkebunan dan kehutanan.

”Ini juga bagian dari upaya kita mendukung ketahanan pangan berbasis desa serta pemberdayaan, dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Dia menambahkan, penyaluran bantuan benih ikan ini juga merupakan hasil dari yang dilakukan. Dalam pertemuan itu, ada sejumlah aspirasi disampaikan warga, salah satunya adalah permintaan bantuan benih ikan.

”Saya berharap bantuan benih ikan yang diberikan bisa berkembang dengan baik, untuk menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (ahs)