Sekda Kalteng Ajak Semua Pihak Sinergi Tekan Angka Kecelakaan Lalin

Whatsapp Image 2023 10 31 At 5.49.39 Pm (1)
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, H. Nuryakin (Foto: MMC Kalteng)

, – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. mengajak semua pihak terkhusus para pemangku kepentingan di bidang untuk bersama-sama bersinergi menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lalin).

Hal tersebut disampaikan Sekda pada kegiatan Forum Lalu Lintas dan Angkatan Jalan (LLAJ) Bidang Keselamatan Jalan, yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, di Ballrom Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Selasa (31/10/2023).

Sekda mengatakan, pada Tahun 2022 telah menyusun Dokumen Rencana Aksi Keselamatan Jalan atau RAK LLAJ di Provinsi Kalteng Tahun 2022-2027. Dokumen tersebut disusun oleh Instansi-instansi Pemprov Kalteng dengan bantuan Direktorat Jenderal Bina Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI.

“Output lain dari Penyusunan RAK LLAJ adalah peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2023 tentang Rencana Aksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023-2027, sebagai payung hukum atas pelaksanaan Dokumen RAK LLAJ yang telah disusun dan dijadikan acuan bersama,” jelasnya.

Sekda mengajak, kepada Pemprov Regional Pulau Kalimantan agar dapat menganggarkan untuk penyusunan dokumen RAK LLAJ Tingkat Provinsi pada tahun 2024 sebagai bagian dari upaya bersama menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Penyusunan RAK LLAJ adalah sebagai salah satu tindaklanjut dari pilar-pilar Rencana Umum Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan kami mengajak mari saling bersatu padu antar stakeholders pemangku kebijakan masing-masing pilar, agar tujuan baik dari Dekade Aksi Keselamatan Tahun 2021-2040 tercapai,” pungkasnya. (asp)