Generasi Muda Berkolaborasi Membangun Daerah

Whatsapp Image 2023 11 01 At 4.40.07 Pm
Suasana upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, yang diikuti oleh TNI, Polri, ASN, peserta didik, dan organisasi kepemudaan, Rabu (1/11/2023)

, – Dalam momentum peringatan Hari ke-95 tahun 2023 yang mengusung tema bersama majukan Indonesia, seluruh generasi muda Kabupaten Gumas diminta untuk berkolaborasi dalam membangun daerah ini, sehingga mampu bersaing dan sejajar dengan daerah lain.

”Dalam membangun daerah, diperlukan peran dari seluruh generasi muda untuk bersemangat mewujudkan itu,” ujar Ketua Kabupaten Gumas, Akerman Sahidar, Rabu (1/11/2023).

Saat ini, peran generasi muda untuk berkontribusi dalam setiap daerah tidak lepas dari berbagai tantangan, mulai penyalahgunaan , pergaulan bebas, minuman keras, ketahanan budaya, serta kepribadian yang semakin luntur.

”Peran dari generasi muda dituntut untuk menjawab semua tantangan tersebut, dengan memperkuat semangat persatuan, kesatuan, serta mengkonsolidasikan potensi untuk menyukseskan pembangunan,” tuturnya.

Di setiap masanya, generasi muda mempunyai kompleksitas tantangan. Untuk itu, mereka harus memiliki kreativitas, kritis dan berani melakukan inovasi yang positif dalam belajar, serta memiliki target dan tujuan yang jelas dalam hidup.

”Generasi muda harus memiliki kepekaan dan kepeloporan dalam menjawab setiap tantangan dengan menggalang semangat persatuan dan kesatuan, untuk menyukseskan kegiatan pembangunan daerah,” jelasnya.

Dia mengakui, generasi muda merupakan salah satu pilar yang penting bagi suatu daerah. Selain sebagai pelopor, mereka juga merupakan ujung tombak dan agen dalam sebuah perubahan.

”Generasi muda juga dituntut untuk berjiwa , dimana harus peka terhadap keadaan dan perkembangan yang terjadi dalam sosial masyarakat atau kemajuan daerah,” tukasnya. (ahs)