Semua Pihak Harus Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Whatsapp Image 2023 11 16 At 3.03.34 Pm
Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Iceu Purnamasari

, – Anggota Kabupaten Iceu Purnamasari meminta ke seluruh pihak untuk bisa mengimplementasikan sekolah ramah anak dengan baik. Hal ini merupakan komitmen mendukung kabupaten layak anak, yang menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi anak-anak.

”Sesuai dengan isi deklarasi sekolah ramah anak, kami ingin seluruh pihak, mulai dari terkait, kepala sekolah, guru dan orang tua berperan aktif dalam menyukseskan dan mewujudkannya,” ujar Iceu, Kamis (16/11/2023).

Dalam deklarasi sekolah ramah anak, siapapun yang memasuki sekolah harus bisa mematuhinya. Salah satunya adalah tidak merokok di lingkungan sekolah. Selain itu, sekolah harus tegas apabila melihat atau mengetahui ada yang melanggar isi deklarasi sekolah ramah anak.

”Kalau sekolah mengetahui pihak dari luar yang merokok di lingkungan sekolah, maka itu bisa diperingati. Kalau melihat ada guru yang melakukan pada peserta didik, juga bisa ditindaklanjuti dengan memberikan sanksi,” tutur Politisi ini.

Dia menegaskan, sudah seharusnya setiap sekolah menjadi tempat yang aman untuk anak. Selain rumah, mereka menghabiskan banyak waktu di sekolah. Untuk itu, sekolah harus ciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Jangan sampai terjadi bullying, sehingga membuat peserta didik takut untuk belajar di sekolah.

”Jika sekolah aman dan nyaman untuk anak, maka mereka dengan senang hati belajar dan mencari ilmu di sekolah, sehingga dengan mudah menerima ilmu yang diberikan. Mari komitmen sukseskan sekolah ramah anak,” tukasnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, sudah dilakukan deklarasi sekolah ramah anak pada satuan SD dan SMP Negeri di Kabupaten Gumas. Deklarasi itu untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi anak-anak bermain, belajar dan tumbuh berkembang secara optimal. (ahs)