RKPD 2024 Difokuskan pada Penurunan Kemiskinan dan Stunting

Whatsapp Image 2023 11 16 At 3.03.01 Pm
Bupati Gumas, Jaya S Monong bersalaman dengan anggota DPRD setempat, usai rapat paripurna DPRD setempat, Senin (13/11/2023)

BALANGANEWS, – Pemkab sudah melaksanakan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di tahun 2024, dengan tema menjadikan bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri, yang sesuai arah kebijakan fiskal terhadap pembangunan.

”Di RKPD tahun 2024, kami mengakselerasikan pertumbuhan , menuju penurunan kemiskinan, angka , dan pemerataan pelayanan dasar,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, Kamis (16/11/2023).

Dia mengakui, kebijakan fiskal dalam pembangunan diantaranya penyediaan dan penataan perumahan dan permukiman, air bersih dan sanitasi yang sehat, layak, dan aman, peningkatan produktivitas pariwisata yang berbasis alam dan budaya, peningkatan kemudahan perizinan dan pengembangan kerjasama .

Selanjutnya, percepatan pembangunan desa basis pemberdayaan masyarakat, peningkatan pengawasan pengelolaan keuangan dan aset daerah, pengembangan sistem informasi pelayanan publik, peningkatan kualitas sumber daya kebudayaan serta pemulihan daya dukung , khususnya hutan.

”Kami ingin kebijakan pembangunan fiskal akan mendukung efektifitas reformasi sentra ekonomi baru, pemerataan pembangunan, serta terlaksananya program prioritas,” terangnya.

Di tahun 2024 mendatang, akan memiliki tantangan ekonomi yang berbeda dari tahun sebelumnya. Untuk itu, APBD dituntut harus lebih sehat dan gesit, dengan mitigasi resiko yang solid dalam mengendalikan defisit.

”Dengan demikian, APBD Kabupaten Gumas diharapkan bisa menjaga momentum transformasi ekonomi dan fleksibelitas yang berbaur dengan kebijakan moneter dari pusat,” tandasnya. (ahs)