Ini Pesan Bupati Pasca Diresmikannya RTH Objek Wisata Air Terjun Batu Mahasur

Whatsapp Image 2024 01 02 At 2.53.04 Pm
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, Sekda Richard, unsur forkopimda, dan sejumlah kepala perangkat daerah, mengunjungi RTH objek wisata Air Terjun Batu Mahasur, Sabtu (30/12/2023).

, KUALA KURUN – Bupati Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) objek Air Terjun Batu Mahasur, yang sekaligus menandai bahwa objek wisata dekat pusat Kota Kuala Kurun tersebut kembali dibuka.

“Dengan peresmian RTH, kami mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan berkunjung ke Air Terjun Batu Mahasur, karena tempatnya lebih indah dan nyaman,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, Sabtu (30/12/2023).

Dia juga berpesan kepada setiap pengunjung yang datang berkunjung untuk dapat menjaga kebersihan di kawasan objek wisata Air Terjun Batu Mahasur, sehingga lingkungannya tetap bersih dan asri.

“Kepada pengunjung, saya juga minta agar jangan lupa mengawasi anaknya ketika berenang di kolam yang ada, dan selalu menjaga ketertiban selama berkunjung,” tegasnya.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Sementara itu, Kepala Kabupaten Gumas Hansli Gonak mengatakan, peresmian objek wisata Air Terjun Batu Mahasur ini sebagai melakukan salah satu program yang tertuang dalam Ripparkab Nomor 1 Tahun 2023-2037, yakni pengembangan dan penataan daya tarik objek wisata khususnya .

“Kami juga melakukan promosi dan pemasaran pariwisata, serta mengembangkan di kawasan objek wisata itu. Ini adalah langkah dalam mendukung visi misi bupati dan wakil bupati yakni ,” terangnya.

Sejak 1 Mei tahun 2023, objek wisata Air Terjun Batu Mahasur ditutup karena direnovasi. Setelah itu akhirnya dibuka kembali pada 29 Desember 2023. Diharapkan objek wisata ini menjadi salah satu ikon Kabupaten Gumas dan kebanggaan masyarakat hingga wisatawan mancanegara.

Terpisah, Kepala DLHKP Kabupaten Gumas Rody Aristo Robinson menuturkan, RTH Batu Mahasur yaitu gerbang selamat datang, renovasi tangga utama, perbaikan jalan berupa tangga dan ram, titian kayu dan tratak.

Lalu, pembangunan jembatan lengkung, talud sungai, siring batu, talud kolam air terjun, siring penahan tanah dan pedistrian, gajebo, jaringan air, rehab ruang ganti, septick tank dan saluran, pengadaan PJU, serta jembatan swafoto.

“Anggaran merevitalisasi RTH Batu Mahasur bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) Kabupaten Gumas,” tukasnya. (ahs)