Ribuan Pelajar Terima Bantuan Program Gunung Mas Pintar

Whatsapp Image 2024 01 05 At 1.31.00 Pm
Bupati Gumas Jaya S Monong dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing saat menyerahkan bantuan program Gunung Mas Pintar kepada peserta didik, di Kecamatan Mihing Raya, belum lama ini.

, KUALA KURUN – Pemkab melalui Dinas , dan (Disdikpora) setempat telah menyerahkan bantuan program Pintar kepada ribuan pelajar SD dan SMP. Bantuan tersebut melalui APBD Kabupaten Gumas tahun 2023.

“Tercatat ada 1.999 pelajar yang menerima bantuan program Gunung Mas Pintar. Terdiri dari 1.333 murid SD dan 666 pelajar SMP,” ujar Bupati Gumas Jaya S Monong, melalui Kepala Disdikpora Kabupaten Gumas, , Jumat (5/1/2024).

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Dia mengatakan, bantuan yang diberikan itu berupa seragam dan perlengkapan sekolah, seperti baju seragam merah putih, topi, dasi dan bordir nama, baju seragam biru putih, dasi dan bordir nama, baju olahraga, baju  topi dan dasi, sepatu dan kaus kaki dan tas.

“Kami juga memberikan bantuan alat tulis lengkap, yaitu buku tulis, buku gambar, kotak pensil, pensil, pulpen dan mistar set,” katanya.

Penerima bantuan program Gunung Mas Pintar ini berasal dari usulan pihak sekolah, yang memilih penerima bantuan sesuai dengan kriteria yang sudah diatur dalam Perbup Gumas Nomor 22 Tahun 2023.

“Perbup itu mengatur tentang pedoman pemberian bantuan berupa pakaian seragam dan perlengkapan sekolah, melalui Program Gunung Mas Pintar bagi peserta didik yang kurang mampu pada jenjang SD dan SMP,” tuturnya.

Kriteria yang dimaksud adalah peserta didik aktif yang sudah terdaftar di satuan pendidikan, memiliki Kartu Indonesia Pintar atau surat keterangan tidak mampu, berdomisili dan memiliki Kartu Keluarga di Kabupaten Gumas, dan tidak pernah menerima bantuan yang sama dari pihak lain.

“Kami berharap bantuan program Gunung Mas Pintar bisa dimanfaatkan untuk menunjang peserta didik dalam bersekolah mencari ilmu,” tukasnya. (ahs)