Pemkab Gumas Mulai Distribusi Bantuan Pangan untuk Masyarakat

Bupati Gumas, Jaya S Monong, Kajari Sahroni, Wakapolres Kompol Tri Wibowo, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Eigh Manto, dan kepala perangkat daerah terkait, menyerahkan secara simbolis penyaluran CPP untuk bantuan pangan tahun 2024, di halaman Kantor Bulog Kuala Kurun, Selasa (30/1/2024).

BALANGANEWS, menggelar launching penyaluran cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan tahun 2024.

Penyaluran bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat sebagai penerima bantuan pangan (PBP), dan mengentaskan kemiskinan.

”Hari ini, kami mulai mendistribusikan bantuan pangan untuk diberikan kepada 2.820 keluarga penerima. Masing-masing akan mendapatkan bantuan beras 10 kilogram per bulan selama enam bulan. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap yakni tahap pertama di Bulan Januari-Maret, lalu tahap kedua di Bulan April-Juni,” ujar Bupati , Jaya S Monong, Selasa (30/1/2024).

Bantuan pangan yang disalurkan tersebut merupakan upaya untuk menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan , serta melindungi produsen dan konsumen.

”Semoga bantuan pangan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat bisa mengurangi beban pengeluaran mereka dan bisa mengendalikan gejolak harga pangan maupun inflasi,” tuturnya.

Dia pun berterimakasih kepada dinas dan ketahanan pangan, badan perencanaan pembangunan daerah, penelitian dan pengembangan (bappeda litbang), dinas , gudang bulog kurun, transporter dari PT Pos Indonesia dan semua pihak dalam melakukan koordinasi, sehingga penyaluran cadangan pangan pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2024 bisa terlaksana.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gumas Eigh Manto mengatakan, untuk rincian 2.820 penerima bantuan pangan yakni Kecamatan Damang Batu 107 keluarga penerima, lalu Kahayan Hulu Utara 339 keluarga penerima, Kurun 141 keluarga penerima, Manuhing 196 keluarga penerima.

Kemudian, Manuhing Raya 129 keluarga penerima, Mihing Raya 144 keluarga penerima, Miri Manasa 198 keluarga penerima, Rungan 289 keluarga penerima, Rungan Barat 351 keluarga penerima, Rungan Hulu 288 keluarga penerima, Sepang 115 keluarga penerima serta Tewah 523 keluarga penerima.

Dia menambahkan, sasaran penerima bantuan pangan adalah masyarakat yang miskin serta mengalami rawan pangan dan gizi. Untuk jenis bantuan pangan, berupa beras kualitas medium. Untuk penyalurannya dilakukan dari dua lokasi yakni dari Perum Bulog Palangka Raya menyalurkan untuk , Mihong Raya, Manuhing, Rungan Barat, Rungan dan Rungan Hulu.

”Kalau dari Gudang menyalurkan untuk Kecamatan Kurun, Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu dan Miri Manasa. Dengan jumlah 13.080 kilogram beras,” tukasnya. (ahs)