Ribuan Anggota KPPS akan Bertugas di 390 TPS pada Pemilu 2024

Suasana pelantikan anggota KPPS di Desa Tumbang Hakau, Kecamatan Kurun, belum lama ini.

, – Beberapa waktu yang lalu, sudah dilaksanakan terhadap ribuan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di Kabupaten . Mereka akan bertugas dalam proses pemungutan suara di TPS, dalam serentak tahun 2024.

“Tercatat, ada 2.730 KPPS sudah dilantik dan akan bertugas di TPS. Mereka berasal dari beragam latar belakang profesi, seperti , wiraswasta, bahkan wartawan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gumas, Elfrinst G Tumon, Jumat (9/2/2024).

Dia mengakui, ribuan anggota KPPS tersebut akan bertugas di 390 TPS, yang tersebar di 127 desa dan kelurahan. Untuk setiap TPS akan ada tujuh anggota KPPS. Saat ini, mereka telah mengikuti bimtek yang mencakup pemungutan suara, penghitungan suara, dan pelaporan hasil pemilihan di TPS.

“Dengan kesiapan dan dedikasi dari anggota KPPS, kami optimis pelaksanaan pemilu di tingkat TPS akan berjalan lancar dan sukses,” tuturnya.

Dia berpesan kepada seluruh anggota KPPS, agar memegang tanggung jawab dan menjaga amanah yang telah diberikan dengan sungguh-sungguh dan sesuai tupoksi. Mereka harus menjunjung tinggi rasa persaudaraan sebagai sesama anggota KPPS.

“Sebagai penyelenggara pemilu yang berada di garda terdepan, anggota KPPS akan memiliki banyak pengorbanan baik pikiran, perasaan serta waktu. Untuk itu, tetap jaga dan kebersamaan,” tukasnya. (ahs)