Pemberdayaan Masyarakat Kunci Pengentasan Kemiskinan

Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Untung Jaya Bangas

, – Selain fokus pada pembangunan , , dan kesehatan, pada tahun 2024, berbagai program kegiatan di lingkup Pemkab Gumas juga harus difokuskan pada pemberdayaan masyarakat.

“Program pemberdayaan masyarakat juga harus diprioritaskan, karena merupakan salah satu kunci dan upaya pengentasan kemiskinan,” ujar Anggota Kabupaten Gumas, Untung Jaya Bangas, Minggu (11/2/2024).

Sampai saat ini, angka kemiskinan di Kabupaten Gumas terus menurun. Hal itu menandakan bahwa berbagai program pemberdayaan masyarakat sudah berjalan dengan baik. Khusus tahun 2024, program keterampilan dan pengetahuan dalam kegiatan masyarakat akan lebih ditingkatkan.

“Program pemberdayaan masyarakat di sejumlah perangkat daerah sangat penting, sehingga nanti mampu mandiri dan meningkatkan taraf hidup mereka. Itu yang harus ditingkatkan lagi,” katanya.

Dia juga meminta kepada perangkat daerah agar memberikan lapangan kerja, sehingga membuka kesempatan masyarakat untuk bekerja, dan mampu memperoleh penghasilan untuk keluarga.

“Kami sangat mendukung setiap pemberdayaan dan peningkatan produktivitas masyarakat. Program itu harus berjalan dengan baik, menuju masyarakat yang sejahtera dan bermartabat,” tuturnya.

Selain perangkat daerah, Perusahaan Besar Swasta () juga dapat melakukan pemberdayaan kepada masyarakat, dengan mengikutsertakan mereka dalam setiap kegiatan pembangunan.

“Kami ingin PBS yang beroperasi di daerah ini, harus memberikan kesempatan kepada masyarakat kita dengan membuka lapangan pekerjaan,” pungkasnya. (ahs)