Gumas Tuan Rumah Kejurnas Grasstrack Regional IV Kalimantan

Sejumlah pihak peninjauan Sirkuit Antang Sakti Kuala Kurun yang akan dijadikan sebagai arena Kejurnas Grasstrack Regional IV Kalimantan Putaran I, Selasa (5/3/2024).

, KUALA KURUN – Seri Perdana Regional IV Kalimantan putaran I akan digelar pada 4-5 Mei tahun 2024 mendatang.

Dalam even itu, Kabupaten akan menjadi tuan rumah, dimana para pembalap akan menjajal Sirkuit Antang Sakti Kuala Kurun.

“Kami terus melakukan berbagai persiapan untuk menyambut dan menyukseskan seri perdana kejurnas . Salah satunya melakukan peninjuan sirkuit,” ujar Ketua Panitia Try Pebriadi, Kamis (7/3/2024).

Dari peninjauan itu, ada beberapa pembenahan sirkuit yang perlu dilakukan, seperti penggusuran untuk pembenahan lintasan sirkuit, tempat pelaku UMKM yang berjualan, tempat penonton, jalan masuk ke lokasi sirkuit, dan sarana prasarana pendukung lainnya.

“Dengan adanya kejurnas ini, akan kembali meningkatkan balap motor, khususnya grasstrack. Selain itu, juga memberikan dampak pertumbuhan melalui UMKM dan pariwisata,” katanya.

Terpisah, Kepala Disdikpora Kabupaten Gumas mengatakan, peninjauan sirkuit bertujuan untuk melihat legalitas lokasi lahan yang perlu penegasan kembali, terkait mana yang menjadi batas milik masyarakat dan batas aset pemerintah daerah.

“Kami turun ke lapangan bersama salah satu warga pemilik lahan yang perbatasan dengan sirkuit. Ini akan menjadi penegasan untuk legalitas aset pemda kedepan,” terangnya.

Dia berharap, sebelum pelaksanaan kejurnas nanti, semua hal yang berkaitan dengan batas tanah milik masyarakat yang masuk ke dalam areal sirkuit dapat terselesaikan dengan baik. (ahs)