Perlu Strategi Jitu Tumbangkan Pasangan Petahana

Tokoh Masyarakat Kabupaten Gumas, Anthony L Djaga

, Pelaksanaan pesta demokrasi pilkada serentak di tahun 2024 akan digelar 27 November nanti. Di Kabupaten , hampir dipastikan akan diikuti oleh petahana Jaya S Monong dan Efrensia LP Umbing sebagai bupati serta wakil bupati.

”Tidak gampang mengalahkan pasangan petahana, karena harus diakui mereka memiliki strategi jitu. Siapapun penantang pasangan petahana yang maju pada pilkada, harus menyadari bahwa melawan incumbent bukan hal mudah,” ujar Tokoh masyarakat Gumas, , Jumat (15/3/2024).

Dia mengakui, pasangan petahana memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya elektabilitas dan popularitas, jaringan pribadi yang kuat, akses langsung dalam perumusan kebijakan lokal, penganggaran daerah, dan keunggulan lain.

”Harus ada strategi jitu yang dapat dilakukan penantang untuk menumbangkan pasangan petahana, seperti memanfaatkan dengan maksimal, dan menyampaikan gagasan pembangunan secara rasional serta mudah dipahami,” tuturnya.

Siapapun nanti pasangan calon yang berhasil mendapatkan kepercayaan dari masyarakat selama lima tahun kedepan, maka harus mengelola sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah ini.

”Pemimpin daerah harus memperhatikan kepentingan masyarakat, seperti infrastruktur jalan dan jembatan, pendidikan, , membuka lapangan kerja, pemberdayaan masyarakat dan sektor lain,” tegasnya.

Saat ditanya terkait jumlah pasangan calon pada pilkada, pensiunan pejabat eselon II di lingkungan ini memprediksi kemungkinan akan ada empat pasangan calon bupati dan wakil bupati. (ahs)