Mulai Salurkan Bantuan Pangan Bulan Maret

Suasana distribusi bantuan pangan menuju ke lokasi penyaluran yang ada di 12 kecamatan, belum lama ini.

, – Penyaluran bantuan tahap pertama di Bulan Maret tahun 2024 mulai dilakukan dengan menggunakan jasa kantor pos.

Tercatat ada 2.820 KK penerima yang tersebar di berbagai desa dan kelurahan se Kabupaten Gumas akan kembali menerima bantuan pangan tersebut.

“Bantuan pangan yang mulai disalurkan itu berupa beras, yang berasal dari pemerintah pusat,” ujar Kabid , Frinetha, Selasa (19/3/2024).

Dia menuturkan, penyaluran bantuan pada tahap pertama Bulan Maret dimulai Senin (18/3/2024) dan ditargetkan selesai dalam beberapa hari kedepan. Sedangkan untuk bantuan pangan pada tahap pertama di Bulan Januari dan Februari tahun 2024 sudah disalurkan.

“Setiap KK penerima akan mendapatkan bantuan beras masing-masing sebanyak 10 kilogram setiap bulan selama enam bulan,” tuturnya.

Dia mengatakan, penyaluran bantuan pangan itu tersebar di 12 kecamatan. Dengan rincian, 107 KK penerima di Kecamatan Batu, 339 di Kahayan Hulu Utara, 141 di Kurun, 196 di Manuhing, 129 di Manuhing Raya, 144 di Mihing Raya, 198 di Miri Manasa, 289 di Rungan, 351 di Rungan Barat, 288 di Rungan Hulu, 115 di Sepang dan 523 di .

“Bantuan diberikan dalam dua tahap, yakni tahap pertama untuk Bulan Januari, Februari dan Maret. Kemudian tahap kedua pada Bulan April, Mei dan Juni,” terangnya.

Dia menjelaskan, pemberian bantuan pangan bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran warga, sekaligus upaya mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, serta menurunkan .

“Semoga bantuan pangan ini bermanfaat, dapat mengurangi beban pengeluaran, serta mampu mengendalikan gejolak harga pangan dan ,” pungkasnya. (ahs)