Pemkab Gumas Mulai Seleksi Calon Anggota Paskibraka

Bupati Gumas Jaya S Monong yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Sugiarto, didampingi panitia dan pelatih, berfoto bersama dengan peserta didik yang mengikuti seleksi calon anggota paskibraka tahun 2024, di GPU Tampung Penyang, Senin (18/3/2024).

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mulai melakukan rangkaian seleksi calon anggota tingkat kabupaten tahun 2024.

Berdasarkan laman website paskibraka.bpip.go.id, dari 215 pendaftar, ada 131 peserta didik dari SMA sederajat yang lulus seleksi administrasi.

“Ke 131 peserta didik itu kemudian mengikuti seleksi tes pembinaan ideologi Pancasila dan tes wawasan kebangsaan,” ujar Bupati Gumas, Jaya S Monong, melalui Kepala Badan Kesbangpol, Sugiarto, Selasa (19/3/2024).

Dalam seleksi tes pembinaan ideologi Pancasila dan tes wawasan kebangsaan itu, ada 105 orang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti seleksi tes intelegensi umum. Hasilnya, ada 85 orang yang lulus seleksi tes tersebut.

“Ke 85 orang itu akan berlanjut untuk mengikuti tes , seleksi parade, peraturan baris berbaris, kesamaptaan, dan kepribadian,” terangnya.

Dia mengatakan, rangkaian seleksi ini diharapkan akan menghasilkan anggota paskibraka yang bisa tampil lebih unggul, ketika ditugaskan pada tingkat kabupaten, provinsi bahkan . Diminta ke seluruh peserta didik agar mengikuti rangkaian seleksi dengan serius. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan.

“Agar menjadi lebih unggul, perlu perjuangan sejak dini karena selain memerlukan pengorbanan, juga harus ada niat, tekad, semangat dan kerja keras yang kuat serta keuletan dan ketekunan dari peserta didik,” jelasnya.

Dalam mengikuti seleksi, mereka juga harus mempertahankan kedekatan dalam persaudaraan, menjadi ujung tombak dalam rangka membangun persatuan kesatuan, kekompakkan dan kerendahan hati.

“Kepada panitia dan pelatih seleksi dari dibantu dinas kesehatan serta badan Kesbangpol, saya minta agar selektif dan adil dalam proses seleksi, sehingga nanti dapat terpilih anggota paskibraka yang berkualitas,” tukasnya. (ahs)