Polres Gumas Tingkatkan Pengawasan Senpi Dinas Melalui Sipropam

, KUALA KURUN – Dalam upaya meningkatkan disiplin dan pengawasan terhadap penggunaan senjata api () dinas di kepolisian, menggelar pengecekan kelengkapan administrasi pemegang Senpi dinas yang dilakukan oleh Sipropam bertempat di lapangan Tantya Sudhirajati , , Kamis (21/3/2024) pagi.

Kapolres Gunung Mas, AKBP Theodorus Priyo Santosa, S.I.K. melalui Kasipropam (Kepala Seksi Propesi dan Pengamanan) Ipda Supono, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah untuk memastikan bahwa penggunaan Senpi oleh anggota kepolisian berlangsung secara bertanggung jawab dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kegiatan pengecekan ini mencakup verifikasi dokumen kepemilikan Senpi dan pemeriksaan kondisi fisik Senpi.

“Kami bertekad untuk memastikan bahwa setiap anggota yang diberikan tanggung jawab untuk membawa Senpi dinas memiliki pemahaman yang kuat tentang aturan dan prosedur yang berlaku, serta menjaga dan kesiapsiagaan dalam setiap tindakan,” ujar Kasipropam Ipda Supono.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anggota terhadap potensi risiko penyalahgunaan Senpi dan menguatkan mekanisme kontrol internal yang ada di Polres Gunung Mas. Sejalan dengan itu, program pelatihan dan pembinaan terkait penggunaan Senpi secara aman dan bertanggung jawab akan terus diperkuat.

Dengan adanya kegiatan pengawasan administrasi Senpi dinas oleh Kasipropam, Polres Gunung Mas berharap dapat memperkuat profesionalisme personel dalam menjalankan tugas, sekaligus menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian. (Grd)