Gunung Mas

Hardiknas Jadi Momentum Peningkatan Disiplin Guru

, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar upacara peringatan hari (hardiknas) tahun 2024. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Jaya S Monong, yang diwakili oleh Kepala Disdikpora Aprianto.

”Dalam momentum hardiknas ini, kami ingin kedisiplinan dari guru harus terus ditingkatkan. Perlu kesiapan dari guru untuk menyiapkan generasi emas yang cerdas dan handal,” ujar Aprianto, Kamis (2/5/2024).

Sekarang ini, sedang dibangun gerakan merdeka belajar sebagai wajah baru pendidikan di Kabupaten Gumas. Peserta didik sudah berani bermimpi, karena merasa merdeka saat belajar di kelas. Lalu, guru juga berani mencoba hal baru karena mendapat kepercayaan untuk mengenal dan menilai peserta didik.

”Dengan program merdeka belajar, saya melihat mindset guru dan pola belajar kurikulum yang diajarkan lebih bervariatif. Tidak terpaku pada satu kurikulum, tetapi guru memiliki inovasi untuk membuat perubahan yang menyesuaikan kebutuhan murid,” terangnya.

Dia mengatakan, dalam merdeka belajar itu, peserta didik akan merdeka dalam belajar dan tidak dibatasi kurikulum atau batasan tertentu. Jadi tergantung dari guru untuk berinovasi. Untuk memajukan dunia pendidikan, menjadi tanggung jawab bersama, baik disdikpora, pengawas sekolah, guru, dan seluruh elemen masyarakat.

”Pada momentum hardiknas ini, gerakan merdeka belajar akan dilanjutkan dan dapat menjadi semangat kuat bagi guru. Semua yang sudah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan berkelanjutan,” tukasnya. (ahs)

Beritahu Saya Setiap Ada Berita Terbaru OK No thanks