Empat Warga Kurang Mampu Jalani Operasi Katarak Susulan

Sejumlah warga kurang mampu diperiksa, sebelum nanti menjalani operasi katarak, di Klinik Mata Isen Mulang Palangka Raya, belum lama ini.

BALANGANEWS, – Sebanyak orang warga yang kurang mampu menjalani , yang difasilitasi oleh PMI Kabupaten .

”Ini adalah susulan yang digratiskan untuk empat warga kurang mampu,” ujar Bendahara PMI Kabupaten Gumas Yestati Agave, Kamis (2/5/2024).

Sebelumnya, ada 45 warga kurang mampu mengikuti operasi gratis, yang dipusatkan di Palangka Raya pada Bulan Maret lalu. Dari jumlah itu, ada yang mengundurkan diri dan tidak dapat dioperasi, karena setelah diperiksa ternyata penyakitnya bukan katarak.

”Karena kuota masih tersisa, maka kami mencari empat orang warga kurang mampu untuk mengikuti operasi katarak gratis susulan,” tuturnya.

Dia berharap, keempat warga yang mengikuti operasi susulan tadi bisa segera pulih, dan kedepan mampu melanjutkan kehidupan sehari-hari masing-masing dengan lebih baik lagi.

Terpisah, Ketua PMI Kabupaten Gumas Efrensia LP Umbing menyampaikan ada puluhan warga yang mengikuti operasi katarak gratis ini. Mereka terjaring dari 11 puskesmas.

Anggaran pelaksanaan bakti operasi katarak gratis berasal dari hibah PMI Kabupaten Gumas dan bantuan dana dari Gabungan Pengusaha Kepala Sawit Indonesia serta Bank .

”Operasi katarak juga didukung Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (), dan dilakukan di Klinik Mata Isen Mulang Palangka Raya yang bersedia memberi diskon,” tandasnya. (ahs)