Kontingen Gunung Mas Raih Juara Dua Karungut Putri

Penyanyi Karungut Putri Seni Hartati saat tampil pada lomba karungut, di GOR Serbaguna Palangka Raya, Selasa, (21/5/2024)

, – Kontingen dari Kabupaten kembali berhasil menambah perolehan medali pada () Kalteng tahun 2024, dengan meraih juara kedua lomba karungut kategori putri.

“Meski masih belum mendapat peringkat pertama, namun secara kualitas karungut putri mengalami peningkatan, karena memiliki kekuatan dan terus masuk nominasi,” ujar Kepala Dinas dan Hansli Gonak, melalui Kabid Kesenian Ahmady, Jumat (24/5/2024).

Dia menuturkan, pada tahun 2022 dan 2023 lalu, Kabupaten Gumas meraih peringkat ketiga di lomba karungut, tapi tahun 2024 berhasil meraih peringkat kedua. Capaian itu berkat dukungan seluruh pihak.

“Selanjutnya kami minta agar para pemain karungut terus belajar dan meningkatkan kualitas diri dalam mengikuti lomba, sehingga meraih juara,” tuturnya.

Terpisah, pelatih karungut Ucun A Tingang mengakui, lomba karungut diikuti 11 kabupaten/kota dengan kategori putra dan putri. Lagu karungut yang dinyanyikan penyanyi putri yakni Seni Hartati, berjudul Kesah Batu Lewu Upon Batu.

“Kami telah mempersiapkan diri menghadapi lomba karungut ini, mulai dari pemain musik dan penyanyi. Kedepan harua menjadi lebih baik dengan meraih juara pertama,” terangnya.

Dia menambahkan, meski dengan kondisi dan persiapan yang seadanya, namun kontingen tetap bisa tampil dengan baik dan berhasil membawa nama baik Kabupaten Gumas di ajang FBIM Kalteng. (ahs)