Bawaslu Silaturahmi ke Pj Bupati, Koordinasi ASN Jaga Netralitas pada Pilkada

Ketua Bawaslu Kabupaten Gumas Yepta H Jinal bersama dua komisioner yaitu Sukjani dan Agus Praptomo Cahyo, berbincang dengan Pj Bupati Herson B. Aden, Selasa (11/6/2024).

BALANGANEWS, – Ketua Kabupaten Yepta H Jinal bersama dua komisioner yaitu Sukjani dan Agus Praptomo Cahyo melakukan pertemuan sekaligus kunjungan silaturahmi dengan Herson B. Aden.

“Kunjungan yang kami lakukan ini untuk menjalin silaturahmi dan sinergitas dengan pemkab,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Gumas Yepta H Jinal, Rabu (12/6/2024).

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa hal yang dikoordinasikan bersama Pj bupati terkait netralitas , dan tidak ikut dalam politik praktis, sehingga tidak terjadi gesekan pada tahun 2024.

“Kami akan bekerjasama dengan pemkab untuk bersinergi, sehingga seluruh ASN tetap menjaga netralitas, termasuk di ,” jelasnya.

Dia mengatakan, netralitas ASN dalam perhelatan pesta demokrasi merupakan suatu keharusan. Hal itu telah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Sementara itu, Pj Bupati Gumas Herson B. Aden menyambut baik kunjungan silaturahmi dari jajaran bawaslu. Hal itu untuk mempererat sinergitas dan kolaborasi dalam upaya menyukseskan pilkada Bupati dan Wakil Bupati Gumas.

“Kolaborasi dan kerjasama sangat dibutuhkan untuk menyukseskan seluruh tahapan pilkada. Itu menjadi tugas dari Menteri Dalam Negeri setelah saya dilantik menjadi Pj bupati,” tukasnya. (ahs)