Ini Tujuh Pelanggar Prioritas pada Operasi Patuh Telabang

Kapolres Gumas AKBP Theodorus Priyo Santosa melakukan pengecekan pasukan, pada apel gelar pasukan operasi patuh telabang 2024, Senin (15/7/2024).

, – Polres melaksanakan apel gelar pasukan , dengan mengambil tema tertib berlalu lintas demi terwujud Indonesia emas. Operasi itu dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas pasca .

“Operasi patuh telabang akan digelar selama 14 hari, dimulai 15 Juli hingga 28 Juli 2024. Dengan tujuh pelanggar prioritas,” ujar Kapolres Gumas, AKBP Theodorus Priyo Santosa, Senin (15/7/2024).

Tujuh pelanggar prioritas yaitu menggunakan gawai saat berkendara, pengendara motor dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak memakai helm, mengemudi kendaraan bermotor yang dalam pengaruh alkohol, melawan arus, dan mengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Kalau ada pengendara roda dua dan empat yang melanggar, maka tindakan tegas dilakukan berupa pemberian surat tilang,” katanya.

Dia mengatakan, beberapa langkah yang diambil dalam operasi patuh, yakni melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada seluruh masyarakat, demi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif, serta memberi edukasi tentang Kamseltibcarlantas.

“Kami juga memberikan binluh kepada masyarakat, dan melakukan patroli dialogis ke tempat keramaian masyarakat,” terangnya.

Dia juga meminta kepada seluruh personel, agar melakukan deteksi dini selama operasi, observasi dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan pelanggaran dan .

“Hindari tindakan kontra produktif yang merusak citra . Lakukan operasi ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” pungkasnya. (ahs)