Rungan Tuan Rumah MTQ XVII Kabupaten, Persiapan Capai 80 Persen

Ketua Panitia Penyelenggara MTQ XVII Penyang D Masal

, – Pelaksanaan XVII tahun 2024 tingkat Kabupaten Gumas akan digelar pada 23-26 Oktober. Berbagai sarana dan prasarana masih terus dipersiapkan panitia penyelenggara.

“Untuk persiapan MTQ kabupaten sudah mencapai 80 persen, dengan Kecamatan Rungan sebagai tuan rumah,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara MTQ XVII Penyang D Masal, Rabu (16/10/2024).

Sekarang ini, panitia sudah membangun panggung sebagai arena untuk gelaran MTQ XVII tahun 2024, yang akan dipusatkan di Lapangan Baras Ngahai, Kelurahan Jakatan Raya, Kecamatan Rungan.

“Kegiatan dimulai dengan pelepasan pawai taaruf, dilanjutkan pembukaan. Sedangkan dewan hakim itu akan dilakukan di aula Kantor Kecamatan Rungan,” jelasnya.

Dia menyampaikan, pelaksanaan MTQ XVII akan diikuti kafilah dari sejumlah kecamatan, yakni Kurun 45 orang, Tewah 45 orang, Kahayan Hulu Utara 24 orang, Sepang 60 orang, Rungan Barat 30 orang, Manuhing 60 orang.

“Kami sudah persiapkan losmen dan rumah warga menampung kafilah dari kecamatan. Persiapannya mencapai 100 persen, termasuk konsumsi untuk kafilah,” terangnya.

Dia menuturkan, persiapan lain yang dipersiapkan, yakni berkoordinasi dengan aparat keamanan baik itu maupun TNI. Karena masih dalam suasana yaitu serentak, dari panitia juga sudah berkoordinasi dengan kabupaten.

“Masyarakat bangga dan mendukung pelaksanaan MTQ XVII di Kecamatan Rungan. Mereka bersama panitia bertekad menyukseskan even ini, sehingga berjalan baik dan lancar,” tukas Penyang yang juga menjabat Camat Rungan. (ahs)