Ratusan Peserta Berpartisipasi Lomba Tingkat III dan Raimuna Cabang

86a1367c 0259 49e4 a7cf 2683a6c1083d
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong didampingi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mimie Mariatie Jaya S Monong, menyematkan tanda peserta, sebagai tanda dimulainya lomba tingkat III dan raimuna cabang tahun 2023, di Stadion Mini Kuala Kurun, Jumat (24/2/2023)

, – Kwarcab Gerakan melaksanakan lomba tingkat III dan raimuna cabang tahun 2023, yang diikuti ratusan peserta. Lomba ini merupakan salah satu program kerja Kwarcab gerakan untuk memajukan kepramukaan di Kabupaten .

“Perlombaan tingkat III merupakan lomba untuk meningkatkan ketangkasan, keterampilan, disiplin pribadi, rasa tanggung jawab dan kesetiaan bagi pramuka penggalang terhadap regu, pasukan, serta gugus depannya,” ujar Bupati Gumas Jaya Samaya Monong, Jumat (24/2/2023).

Dalam lomba itu, pramuka penggalang dituntut bisa mengembangkan penghayatan kode kehormatan, berupa janji trisatya dan dasadarma pramuka, menambah keterampilan dan sahabat, serta kesan yang baik dan persatuan di kalangan para pramuka penggalang melalui sistem beregu.

“Bagi para peserta lomba tingkat III antar regu penggalang, lomba ini merupakan kegiatan paling bergengsi bagi pramuka penggalang,” tuturnya.

Selain lomba tingkat III, juga digelar kegiatan raimuna cabang, yang merupakan pertemuan pramuka penegak dan pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir gerakan pramuka.

“Dalam raimuna dilakukan berbagai kegiatan, yakni bakti muka perkemahan, pengenalan satuan karya, dan beberapa kegiatan lainnya yang terkait ilmu kepramukaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong menuturkan, keseluruhan yang mengikuti lomba tingkat III dan raimuna cabang tahun 2023 yakni sebanyak 554 orang. Terdiri dari peserta lomba tingkat III 192 orang, raimuna cabang 192 orang, pimpinan kontingen dan bina damping lomba tingkat III 36 orang.

Selanjutnya, pimpinan kontingen dan bina damping raimuna cabang 36 orang, panitia 36 orang, sangga kerja 26 orang, tim enam orang, tim kepolisian 13 orang, juri lomba tingkat III 11 orang, dan pemateri lomba tingkat III dan raimuna cabang enam orang. (ahs)