Samakan Pemahaman Perangkat Daerah untuk Wujudkan Kabupaten Sehat

WhatsApp Image 2023 04 19 at 11.07.33 AM
Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing didampingi Ketua TP-PKK Mimie Mariatie Jaya S Monong, dan Kepala Bappedalitbang selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat Yantrio Aulia, memberi arahan pada rakor tim pembina kabupaten sehat dan forum kabupaten sehat tahun 2023, di Aula kantor Bappedalitbang setempat, Senin (17/4/2023) sore

BALANGANEWS, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) () menggelar rapat koordinasi (rakor) tim pembina kabupaten sehat dan forum Kabupaten Gumas sehat tahun 2023, dalam rangka meminta dukungan dan komitmen seluruh lintas sektor, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa, demi mewujudkan Kabupaten Gumas Sehat.

“Rakor ini dalam rangka menyamakan persepsi dan memperoleh masukan dari perangkat daerah terkait program kerja dari Forum Kabupaten Gumas Sehat, sekaligus membahas beberapa tatanan yang terdapat di kabupaten/kota sehat,” kata Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing, Senin (17/4/2023) sore.

Dia mengatakan, untuk menuju kabupaten sehat merupakan suatu proses yang berjalan dengan menciptakan dan meningkatkan kualitas fisik, sosial, budaya, mengembangkan potensi masyarakat dengan cara pemberdayaan, agar saling mendukung dalam menerapkan fungsi kehidupan untuk membangun potensi yang maksimal dalam bidang terkait kesehatan.

“Pelaksanaan kabupaten sehat diwujudkan secara bertahap menyelenggarakan semua program dan kegiatan prioritas bagi masyarakat kecamatan dan desa/kelurahan, dengan koordinasi, kolaborasi, sinergitas dan integrasi lintas sektor/program,” ujarnya.

Dia menuturkan, strategi yang dapat digunakan dalam mewujudkan kabupaten sehat, yakni melibatkan semua potensi di masyarakat dalam forum sebagai penggerak kegiatan yang dilaksanakan, melakukan advokasi konsep kabupaten sehat kepada penentu kebijakan, dan mengadopsi keberhasilan penyelenggara kabupaten sehat dari wilayah lain.

“Di samping itu, kita juga bisa mengembangkan informasi dan promosi yang tepat, serta menjalin kerjasama antar forum kabupaten/kota sehat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kabupaten Gumas selaku Ketua Tim Pembina Kabupaten Sehat Yantrio Aulia mengakui, sebagai tahap awal Kabupaten Gumas sudah membentuk tim pembina kabupaten sehat dan tim teknis pelaksanaan program kabupaten sehat tahun 2021-2023. Ini untuk menyelaraskan kebutuhan masyarakat sesuai arah kebijakan pembangunan daerah.

“Selain itu, juga telah dikukuhkan Forum Kabupaten Gumas Sehat sebagai mitra dari pemerintah daerah, dan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi dan berpartisipasi turut menentukan arah, prioritas, dan perencanaan pembangunan, sehingga terwujud wilayah bersih, nyaman, aman dan sehat untuk warga,” jelasnya.

Dia menambahkan, ada sembilan tatanan yang wajib dalam pelaksanaan kabupaten sehat dengan melibatkan kerjasama lintas sektor, di antaranya kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, permukiman dan fasilitas umum, pasar rakyat sehat, satuan , pariwisata, dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana. (ahs)