Pantau Pos Pelayanan Terpadu Mudik Lebaran

WhatsApp Image 2023 04 20 at 10.30.26 AM
Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, bersama Bupati Jaya Samaya Monong, Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, dan jajaran Forkopimda, ketika meninjau pos pelayanan terpadu mudik lebaran 2023, di Taman Kota Kuala Kurun, Rabu (19/4/2023)

BALANGANEWS, KUALA KURUN – Untuk memastikan kesiapan pengamanan pada hari raya idul fitri 1444 hijriah, Kapolres Gunung Mas () AKBP Asep Bangbang Saputra, bersama Bupati Jaya Samaya Monong, Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), meninjau pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu operasi ketupat telabang 2023.

“Peninjauan yang kami lakukan ini untuk melihat kesiapan personel di lapangan, sarana dan prasarana, serta kinerja pelayanan dari petugas untuk persiapan pengamanan hari raya idulfitri sehingga berjalan aman dan lancar,” ucap Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Rabu (19/4/2023).

Dia mengatakan, keberadaan pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu tersebut akan didirikan selama operasi ketupat telabang, yakni 18 April sampai 1 Mei tahun 2023. Ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan arus mudik, begitu juga arus balik pasca hari raya idul fitri 1444 hijriah.

“Di dalam pos tersebut, akan melibatkan personel gabungan yang terdiri dari personel , , Satuan Polisi Pamong Praja (), Badan Penanggulangan Daerah (), perhubungan, dan tenaga kesehatan,” tuturnya.

Dia menuturkan, ada tiga pos yang didirikan selama operasi ketupat telabang, terdiri dari satu pos pelayanan terpadu yang terletak di Taman Kota Kuala Kurun, serta dua pos pengamanan yang berada di Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang, serta Desa Takaras, Kecamatan Manuhing.

“Kami ingin personel yang berada di tiga pos itu dapat mengambil peran sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi), sehingga diharapkan dapat tercipta situasi yang aman, lancar, dan kondusif di wilayah hukum Polres Gumas,” ujarnya.

Dia berharap, dengan kesiapsiagaan dari aparat penegak hukum dan pelayanan yang baik, maka mudik tahun 2023 ini bisa berjalan lebih lancar. Selain itu, angka lalu lintas bisa ditekan dan angka kriminalitas juga menurun.

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya Samaya Monong berpesan kepada personel TNI-Polri dan pihak terkait, agar melakukan kegiatan operasi ketupat telabang dengan baik, sehingga masyarakat akan merasa nyaman dan aman.

“Selama dalam melaksanakan tugas harus dengan sungguh-sungguh. Kedepankan langkah-langkah humanis dalam memberikan layanan terbaik,” pungkasnya. (ahs)