Peninjauan Pos Pengamanan Lebaran

1344

, KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, Komandan (Dandim) 1019 Letkol Anggun W, Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana dan  ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat Marwan Susanto, perwakilan dari dan Negeri Katingan beserta jajarannya masing-masing meninjau Pos Pengamanan Lebaran 1444 H/2023 M, Kamis pagi (20/4/2023), yang dibangun di depan pintu gerbang kantor Bupati Katingan, KM 2,5 Kasongan.

Selain meninjau, Bupati Katingan dan Kapolres Katingan serta ketua Bhayangkari juga menyerahkan bingkisan kepada puluhan aparat keamanan yang sedang piket di Pos tersebut.

Bupati Katingan, Sakariyas saat dibincangi tentang tujuan peninjauan Pos tersebut pada pagi itu, menurutnya untuk melihat sejumlah personilnya yang piket. Setelah berada di pos tersebut, mereka memang sudah siap untuk memberikan pengamanan. “Bahkan memberikan pelayanan kesehatan juga,” kata Sakariyas.

Dia menyebutkan sejumlah petugas yang berada di pos tersebut, bukan hanya anggota TNI dan saja, melainkan juga sejumlah anggota dan Damkar Katingan, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan, personil dari Dinas perhubungan dan Perikanan (Dishubkan) .

Di tempat yang sama Kapolres Katingan, AKBP I Gede Putu Widyana saat ditanya tujuan didirikannya pos tersebut menurutnya pada dasarnya selain memberikan keamanan kepada masyarakat yang mudik lebaran baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, juga memberikan berbagai pelayanan lainnya, termasuk pelayanan kesehatan kepada pemudik.

Selanjutnya dalam peninjauan pos tersebut dirinya berkesempatan juga mengingatkan kepada pemudik, baik saat pulang kampung (Pulkam) untuk merayakan hari raya idul fitrinya bersama keluarganya maupun sekembali mudiknya, agar tidak terburu-buru dan terlalu kencang dalam menjalankan kendaraannya. “Intinya sedang-sedang saja, yang penting, selamat di perjalanan dan selamat pula sampai ke tujuan,” sarannya. (abu)