Bupati: Damang Harus Bersinergi dengan Pemerintah

WhatsApp Image 2023 04 26 at 1.55.30 PM
Bupati yang juga Ketua DAD Kabupaten Gumas Jaya Samaya Monong ketika melantik dan mengambil sumpah janji tiga damang kepala adat, di GPU Damang Batu, pekan lalu

BALANGANEWS, – Bupati Jaya Samaya Monong melantik dan mengambil sumpah janji tiga damang kepala , yakni di wilayah kedamangan Sepang, Miri Manasa dan Rungan Hulu.

Diantaranya, Karyawan sebagai Damang Sepang menggantikan Sarangan. Tonadi D Encun sebagai Damang Miri Manasa, menggantikan Demus S Ambung, serta Badri H Bundung sebagai Damang Rungan Hulu menggantikan Kampili M Jinu.

“Saya minta kepada damang yang baru, agar selalu bersinergi dengan pemerintah dan lembaga terkait lain, dalam rangka mewujudkan ketenteraman dan ketertiban berbasis kearifan lokal,” kata Jaya, pekan lalu.

Dia mengatakan, sinergi itu demi mewujudkan jati diri, harkat, dan martabat masyarakat , melalui semboyan belom bahadat dan bijak dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan istiadat yang berlaku.

“Dengan adanya sinergi yang baik bersama seluruh pihak, maka diharapkan akan tercipta kedamaian dan ketenteraman di lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, damang yang baru harus selalu menjalin koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan damang sebelumnya. Kalau ada pekerjaan yang belum selesai, maka damang yang baru harus dapat melanjutkan penyelesaian pekerjaan itu.

“Damang baru harus berkoordinasi dengan damang sebelumnya, karena mungkin saja ada pekerjaan yang belum selesai. Jadi harus berkesinambungan,” tegasnya.

Selanjutnya, damang diingatkan untuk menjaga harkat, martabat, dan nama baik dengan tidak menyalahgunakan , , melakukan tindakan lain yang mencoreng nama kedamangan, dan hati-hati dalam mengelola .

“Dalam hal memutuskan suatu perkara, damang juga harus bersikap objektif dan tidak memihak kepada siapapun. Jalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya. (ahs)