Polres Gumas Distribusikan Air Bersih kepada Warga

WhatsApp Image 2023 04 26 at 1.57.01 PM
Personel Polres Gumas saat melakukan distribusi air bersih kepada warga, Rabu (26/4/2023)

, – Kepolisian Resor () () melakukan aksi dengan mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga yang berada di daerah perbukitan. Bantuan air bersih itu sebagai wujud kepedulian sesama warga.

“Kami menerima laporan bahwa ada sejumlah warga yang kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga dikerahkan satu unit mobil tangki yang menampung 8.000 liter air bersih untuk didistribusikan kepada warga,” kata Kapolres Gumas AKBP Asep Bangbang Saputra, Rabu (26/4/2023).

Selama proses pendistribusian, air bersih tersebut ditampung dalam wadah yang sudah disediakan warga. Ada puluhan warga antusias mengantre untuk mendapatkan giliran wadah yang dibawanya diisi air bersih.

“Pemberian bantuan air bersih ini disambut gembira oleh warga, karena sangat bermanfaat untuk keperluan sehari-hari,” terangnya.

Dia menuturkan, biasanya warga yang tinggal di daerah perbukitan mendapatkan air bersih dari sumur, namun saat ini air di sumur itu memiliki kandungan asam yang tinggi dengan warna kekuningan, sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

“Dengan adanya bantuan air bersih ini, dapat digunakan untuk dimasak dan dikonsumsi oleh warga,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu warga Titi (48) mengakui sejak satu bulan ini mengambil air sungai yang berjarak cukup jauh dari tempat tinggalnya. Air yang didapat juga tidak begitu jernih dan hanya dapat digunakan untuk mencuci, mandi, dan cuci piring.

“Sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan air bersih selain mengambilnya dari sungai, yakni dengan membeli. Namun hal itu malah justru membebankan bagi warga yang tidak mampu,” tandasnya. (ahs)