Ini Tujuan Bupati Gumas Kunker ke Sejumlah Desa di Kecamatan Kahut

WhatsApp Image 2023 05 24 at 3.54.02 PM
Bupati Gumas Jaya Samaya Monong bersama beberapa warga desa mengunjungi dam air bersih Sungai Rukap, Desa Tumbang Ponyoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, pekan lalu

, – Bupati () Jaya Samaya Monong didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Baryen melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah desa di (Kahut). Kedatangannya disambut dengan tradisi potong pantan.

”Jadi kedatangan saya ke sana untuk melihat secara langsung kondisi infrastruktur jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan parah di Desa Tumbang Tajungan, Tumbang Takaoi, Tumbang Korik dan Tumbang Ponyoi,” kata Jaya, Rabu (24/5/2023).

Dalam kunjungan tersebut, untuk penanganan infrastruktur jalan dan jembatan dapat menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Besar Swasta (PBS). Itu segera diusulkan untuk secepatnya dilakukan penanganan.

”Saya minta PBS di Kahut untuk mendukung penanganan ruas jalan dan jembatan yang rusak di desa. Hal ini mengingat adanya keterbatasan APBDes,” tegasnya.

Selain infrastruktur jalan dan jembatan, Jaya juga mengunjungi dam air bersih Sungai Rukap di Desa Tumbang Ponyoi. Rencananya, dam itu akan disusun ke dalam sebuah perencanaan yang dituangkan dalam proposal dan diusulkan ke PBS yang berinvestasi di desa itu, untuk mendukung ketersediaan air bersih kepada warga.

”Bentuk dukungan dari PBS berupa penyiapan pipa sampai ke sambungan rumah warga. Saya ingin semua warga desa mendapat air bersih dari dam Sungai Rukap dengan dukungan dana CSR PBS,” terangnya.

Dia pun meminta PBS harus merealisasikan CSR untuk pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, fasilitas , perbaikan jalan dan jembatan, serta bidang lainnya.

”Saya ingin investasi sehat yang memperhatikan kepentingan masyarakat. Harus melaksanakan kewajiban dan mendukung pembangunan,” tukasnya. (ahs)