Bersama Forkopimcam, BPBD Kapuas Sosialisasi Penanganan Karhutla

WhatsApp Image 2023 09 14 at 7.56.10 PM
Camat Dadahub bersama Forkopimcam saat menyampaikan sosialisasi pencegahan Karhutla

, – Badan Penanggulangan Daerah () Kabupaten melaksakan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Bentuk Jaya (A5) Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Bertempat di aula Desa Bentuk Jaya.

Kegiatan ini hadiri oleh Camat Dadahup, Perwakilan Kapolsek Kapuas Murung, Perwakilan Danramil Kapuas Murung, Perwakilan Kepala Cabang Negeri Palingkau, Kades bentuk Jaya.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini dari Kades Bina Jaya, Ketua BPD, seluruh Bhabinkantibmas, Babinsa, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Ketua RT di Desa Bentuk Jaya dan Bina Jaya serta Pemuda .

Dalam kegiatan ini kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan, bahwa pencegahan sangat penting dilakukan terutama di wilayah Kecamatan Dadahup yang termasuk 14 Kecamatan yang memiliki risiko tinggi terjadi Karhutla dan juga banyak terdapat lahan-lahan kosong yang rentan terjadi Karhutla.

“Kami mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi ini agar bisa mengingatkan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” katanya, Kamis (14/9/2023).

Dirinya juga menuturkan bahwa untuk Pemerintah Kecamatan dan desa agar selalu memantau wilayahnya apabila terjadi Karhutla agar segera dipadamkan secepatnya supaya api kebakaran tidak sempat meluas.

“Diharapkan juga kerjasama dari pihak kecamatan untuk pencegahan Karhutla di wilayah masing-masing, sehingga dalam kejadian Karhutla bisa teratasi,” jelasnya.

Di akhir kegiatan sosialisasi ini dilakukan pendatanganan komitmen Bersama pencegahan Karhutla di Kecamatan Dadahup. (put)