Kolaborasi Budidayakan Semangka

Whatsapp Image 2023 11 02 At 5.38.07 Pm
Camat Mantangai bersama Kades Pulau Keladan dan pihak TNI dan Polri saat mengikuti Zoom bersama Wakil Presiden RI dalam kegiatan Hanpangan Nasional

BALANGANEWS, KUALA – Kerjasama dan kolaborasi yang bagus dilakukan oleh pihak Kecamatan Mantangai, Desa Pulau Keladan dan juga /Klk untuk mensuksekan program pemerintah pusat yaitu .

Dimana dua pemerintahan dari desa kecamatan dan 1011/klk berhasil mengembangkan budidaya buah semangka, menjadi momen dalam mengikuti lomba yang ditandai dengan Kick Off Gerakan Ketahanan (Hanpangan) 2023, melalui video conference (Vicon) bersama Wakil Presiden Republik Indonesia, bersama Panglima Laksamana TNI Yudo Margono.

Pada kesempatan itu Camat Mantangai, Yubderi menyambut baik dan juga mendukung gerakan Hanpangan Nasional 2023. Dimana budidaya semangka di Desa Pulau Kaladan itu mampu menjadi nilai tambah bagi masyarakat desa.

“Harapan kami ini dapat menjadi percontohan bagi desa-desa yang ada di Kecamatan Mantangai, sebagai mana sangat mendukung gerakan Hanpangan Nasional 2023 khususnya komoditas budidaya semangka di Desa Pulau Kaladan,” katanya, Kamis (1/11/2023).

Di tempat yang sama juga Kades Pulau Kaladan, Sugianto, mengharapkan pihaknya mendapatkan perhatian dari pemerintah terutama masalah peralatan pertanian, saluran irigasi, dan sekat Karhutla, serta juga bantuan peralatan pertanian seperti PC 100. Keseriusan pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk jalan.

“Ada kurang lebih empat kilometer akses jalan yang dapat membuat Desa Pulau Kaladan bisa terisolir jika musim hujan, itu menjadi keseriusan pemerintah dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pertanian sesuai apa yang telah diprogramkan,” terangnya.

Sementara itu Pasiter Kodim 1011/Klk Kapten Inf Ignatius Redi Priyanto mengatakan, berdasarkan Komando jajaran TNI, pihaknya telah memanfaatkan lahan tidur yang ada menjadi lahan yang produktif.

“Sesuai petunjuk atas bersama dengan Pemerintah Daerah, khususnya di Desa Pulau Kaladan saat ini telah memanfaatkan lahan tidur sekitar 12 Hektar. Yang sekarang tertanam yakni semangka 5 Hektar, singkong 5 Hektar. Untuk kegiatan budidaya semangka sendiri sudah pernah panen sekitar 50 ton yang pertama,” jelasnya. (put)