Ribuan Warga Kapuas Sudah Tercatat di IKD

Whatsapp Image 2023 12 06 At 8.03.54 Pm
Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas, Sipie S Bungai saat di ruang kerjanya

, – Ribuan warga di Kabupaten sudah mulai tercatat dan mengaktifkan Identitas Digital (), yang ada di Dinas pendudukan dan Catatan sipil (Dukcapil).

Hal itu disampaikan oleh pelaksana tugas (Plt) Kabupaten Kapuas, Sipie S Bungai, bahwa saat ini sudah ada 6.266 warga Kapuas yang tercatat telah mengaktifkan aplikasi KID.

“Dengan jumlah yang ada tersebut, kami bersyukur karena setelah petugas kami gencar melakukan pengaktifan di SOPD atau instansi di Kapuas,” ucapnya, Rabu (6/12/2023).

Dirinya juga menjelaskan untuk melakukan aktivasi IKD dapat menginstal terlebih dahulu Aplikasi IKD di smartphone android masing-masing melalui playstore. Lalu nantinya akan dilakukan verifikasi atau dilakukan scan barcode oleh petugas di kantor Disdukcapil.

“Bisa melalui aplikasi di Smartphone, nanti akan ada verifikasi dari petugas kami, hingga IKD dapat diaktifkan dan digunakan,”pungkasnya.

Lanjutnya, dengan melakukan aktivasi IKD ini terdapat beberapa manfaat yang didapatkan, diantaranya mempermudah mengakses data anggota , mempermudah tanpa harus membawa KTP-el fisik dan pelayanan lainnya. (put)