Pleno Rekapitulasi Pemilu Kapuas, Kecamatan Kapuas Minim Sengketa

Suasana pleno Rekapitulasi Pemilu Tingkat Kabupaten Kapuas

, KUALA – Setelah beberapa hari proses di kecamatan, kini Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kapuas, menggelar rekapitulasi hasil perolehan suara 2024 tingkat kabupaten.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak Selasa 26 Februari yang lalu, kini berlangsung dan memasuki hari terakhir, hingga berjalan dengan lancar.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan () Selat, Muhammad Imron Rosikhin, menuturkan proses rekapitulasi tingkat kabupaten berjalan lancar, dimana sampai saat ini untuk di PPK Selat sendiri tidak ditemui laporan pengajuan sengketa hasil Pemilu.

“Untuk tidak ada riak protes tentang perolehan hasil Pemilu, jadi dapat dipastikan aman dan lancar,” katanya.

Walau berjalan aman dan lancar dalam proses rekapitulasi, ada beberapa saksi meminta untuk kinerja petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk dapat dievaluasi.

“Diduga ada beberapa TPS melakukan kesalahan, jadi terdapat protes dari saksi, yang meminta untuk bisa dievaluasi kembali untuk KPPS, yang nantinya akan ditindaklanjuti,”
pungkasnya.

Untuk meminimalisir kesalahan itu, perlu sinergi ketat dan juga cermatnya Pengawas TPS (PTPS) dan petugas KPPS, sehingga diharapkan menciptakan pemilu yang berkualitas. (put)